Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

RSS

MOBILE OPERATING SYSTEM



Mobile Operating System yang sering dikenal dengan sebutan paltform / perangkat lunak mobile / sistem operasi genggam  adalah software utama yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen dan mengontrol software-software lain sehingga suatu sistem operasi mobile akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, schedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya.
Selain berfungsi untuk mengkontrol sumber daya hardware dan software ponsel seperti keypad, layar, phonebook, baterai, dan koneksi ke jaringan, sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten. Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih.
Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan sistem operasi dalam produknya baik pada PDA, Smartphone maupun handphone. Perkembangan aplikasi atau game selular (mobile content) sangat cepat, perusahaan pembuat mobile Operating System (OS) telah berlomba untuk memasarkan produk-produk mereka dengan menciptakan fungsi-fungsi dan teknologi yang kian hari kian memanjakan pengguna smartphone dari segi entertainment dan fungsionalitas penggunaan selular untuk memudahkan tugas sehari-hari.
Ada berbagai jenis sistem operasi (OS) yang dijalankan perangkat keras yang beredar pasaran. Beberapa ada yang akrab terdengar oleh kita seperti iOS, Android OS, BlackBerry OS dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa macam contoh sistem operasi (OS) yang dijalankan oleh vendor-vendor dan perusahaan-perusahaan besar di dunia.
      1.  Apple iOS
iOS adalah sistem operasi mobile milik Apple yang dikembangkan dan hanya diaplikasikan untuk perangkat Apple Inc seperti iPhone, iPod Touch, iPad dan Apple TV. iOS memiliki lebih dari 500.000 aplikasi di App Store dengan angka penjualan perangkat smartphone terbaik di dunia pada tahun 2011 disusul Google Android dan Nokia Symbian. iOS menjadi “leading” bagi sistem operasi mobile yang lain dengan mengusung interface multitouch yang bisa digeser (slider), ditekan (switch), dicubit dan tombol. Perangkat Apple masih menjadi nomor satu dalam hal teknologi dan angka penjualan di dunia.
Kelebihan: 
-           Multitasking. 
-           Navigasi mudah.
-           Terintegrasi penuh dengan OS Apple yang lain.
-           Dukungan multimedia sangat baik.
-           User Interface yang interaktif.
-           Tersedia AppStore untuk memenuhi kebutuhan user.
-           Mendukung GPS.
Kekurangan:
-           Tidak support flash (Safari Mobile).
-           Penempatan antena kurang baik.
-           Standar aplikasi pengembang sangat ketat.
       2.  Android OS
Android OS adalah sebuah sistem operasi mobile yang diperuntukan bagi smartphone dan komputer tablet. Android OS yang bebasis linux kernel ini dikembangkan oleh Open Handset Alliance dibawah bendera Google. Banyak developer independen di seluruh dunia (termasuk Indonesia) yang mengembangkan aplikasi-aplikasi Android dan menguploadnya di Android Market, dengan tujuan aplikasi-aplikasi tersebut dapat didownload oleh para pengguna smartphone yang berlogo robot hijau ini. Android terdaftar sebagai smartphone dengan angka penjualan terbaik pada kuartal 2010 tercatat lebih dari 200 juta perangkat Android berhasil dijual. Dengan banyaknya developer independen membuat teknologi Android OS berkembang dengan pesat. Dalam empat tahun terakhir (rilis tahun 2008) Android berhasil merilis versi terbaru mulai dari : Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb dan yang terbaru Ice Cream Sandwich.
Kelebihan:
-     Open source.
-     Multitasking.
-     Kemudahan dalam notifikasi.
-     Mendukung banyak hardware mobile.
-     Management widget yang flexibel.
-     Tersedia banyak aplikasi pendukung.
-     Dukungan penuh dari Google.
-     User Interface yang interaktif.
-     Telah mendukung HTML5.
-     Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user.
-     Mendukung GPS.
Kekurangan:
-     Harus terus update untuk memperbaiki bug.
-     Banyak terpampang iklan dalam aplikasi.
       3.    Symbian OS
Symbian OS adalah sebuah Operating System yang digunakan untuk operasi standar ponsel dengan perangkat smartphone. Symbian OS menetapkan persyaratan bahwa sistem operasi ini hanya dapat digunakan oleh ponsel dengan fitur 2.5G dan 3G. Ada beberapa vendor terbesar didunia yang berkolaborasi menanamkan saham di “proyek” Symbian OS ini, seperti Nokia, Motorola, Sonny Ericsson. Dan yang memegang saham terbesar dimiliki oleh Nokia, jadi tidak mengherankan produk-produk Nokia didominasi dengan OS Symbian.
Kelebihan:
-        Sistem stabil.
-        Hemat Baterai.
-        Mendukung video call.
-        User Friendly.
-        Banyak dukungan aplikasi.
Kekurangan:
-            Interface yang statis.
-            Mudah terserang malware.
       4. BlackBerry OS
BlackBerry menggunakan BlackBerry OS sebagai sistem operasinya. BlackBerry OS, dikembangkan oleh Reseach in Motion (RIM), untuk BlackBerry, perusahaan telekomunikasi asal Kanada ini. Diawal kemunculannya BlackBerry booming dengan layanan push-email dan sebagai smartphone yang sukses dipasaran.
Kelebihan:
-        Fungsi BBM yang digunakan untuk chatting antar blackberry.
-        Customize Theme untuk user level untuk mendesign thema blackberrynya sendiri.
-        Fungsi geotag pada blackberry berGPS yang berisikan informasi.
-        Tampilan akses multimedia yang sangat nyaman untuk digunakan.
-      Fitur firewallnya,sangat efektif dalam memblok sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.
-        System full backup/recover mempermudah user dalam membackup data-data penting.
Kekurangan:
-        Belum mendukung conference call.
-        Tidak ada aplikasi native untuk menerima dan mengirimkan fax.
-     Spell check yang membantu pengecekan kesalahan ketik hanya dapat berjalan jika selesai diketik semua.
-        Sinkronisasi antara email di blackberry dan server kurang maksimal.
-      Browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi.
       5.  Windows Mobile
Windows Mobile merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft, produk Mobile Windows seperti Sagem myS-7, O2 Xphone dll. Sistem operasi yang berhasil dikembangkan dan diaplikasikan mulai dari Pocket PC 2000 hingga Windows Mobile versi 6.5.5. Meskipun ada beberapa kelebihan seperti fitur GPS, dapat menonton televisi, mobile blog, mobile database namun kelemahan dari Windows Mobile adalah minim developer independen. Karena pihak Microsoft yang menerapkan peraturan bahwa Windows Mobile bersifat tertutup. Hal ini tidak menguntungkan bagi pasar Windows Mobile karena produk mereka yang minim developer berakibat pada minimnya aplikasi-aplikasi yang dapat dikembangkan. Sehingga Windows Mobile kalah bersaing dengan smartphone lain, terutama bagi vendor yang menerapkan sistem terbuka bagi developer manapun yang bersedia mengembangkan sebuah sistem operasi, seperti Andorid.
Kelebihan:
-        Dukungan penuh dari Microsoft.
-        Aplikasi office yang lengkap.
-        Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user.
-        Tersedia fitur Find My Phone untuk mengetahui lokasi ponsel anda.
-        Tersedia fitur Live Tiles untuk memberikan informasi pada homescreen ponsel anda.
Kekurangan:
  • Mudah terserang malware.
  • Keterbatasan multitasking (hanya untuk aplikasi tertentu).
  • Aplikasi bawaan dari sistem kurang memadai (tidak ada file transfer bluetooth, Windows Explorer, Silverlight).
  •  Tidak mendukung internet tethering.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Marley The Monkey Virtual Pet

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Angry Birds