Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

RSS

SISTEM OPERASI

Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer ( Brainware) dengan perangkat  keras komputer ( Hardware).  Sebelum ada sistem operasi,  orang hanya mengunakan komputer  dengan menggunakan sinyal  analog dan sinyal  digital. Seiring   dengan   berkembangnya   pengetahuan   dan   teknologi,   pada   saat   ini terdapat   berbagai   sistem  operasi   dengan   keunggulan  masing-masing.  Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan   (system  calls)   ke pemakai   sehingga   memudahkan   dan   menyamankan   penggunaan   serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

Fungsi Dasar
Sistem  komputer   pada   dasarnya   terdiri   dari   empat   komponen   utama,   yaitu perangkat keras ( Hardware ),  program aplikasi,  sistem operasi, dan para pengguna.  Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem  operasi   berfungsi   ibarat   pemerintah   dalam  suatu   negara,   dalam  arti membuat   kondisi   komputer   agar   dapat  menjalankan   program  secara   benar. Untuk  menghindari   konflik   yang   terjadi   pada   saat   pengguna  menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya.  Sistem operasi   juga sering disebut   resource allocator.   Satu   lagi   fungsi   penting   sistem   operasi   ialah   sebagai   program pengendali   yang   bertujuan   untuk   menghindari   kekeliruan   (error)   dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Tujuan Mempelajari Sistem Operasi
Tujuan mempelajari  sistem operasi  agar  dapat  merancang sendiri  serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada sesuai  dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih alternatif  sistem operasi,  memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan  agar   konsep  dan   teknik   sistem operasi  dapat  diterapkan  pada  aplikasi- aplikasi lain.

Sasaran Sistem Operasi
     Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu
  • kenyamanan -- membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman,
  • efisien -- penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien,
  • mampu berevolusi--sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan pengembangan, pengujian sistem yang baru.


Sejarah Sistem Operasi
Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi ke dalam empat generasi.
·         Sistem operasi generasi pertama (Tahun 1945 - 1955).
Sistem operasi generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada yang namanya sistem operasi komputer, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
·         Sistem operasi generasi ke-dua (Tahun 1955 - 1965).
Sistem operasi generasi ke-dua memperkenalkan BPS (batch processing sistem) yaitu pekerjaan yang di kerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada. 
·         Sistem operasi generasi ke-tiga (Tahun 1965 - 1960).
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana user atau penguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi user (Digunakan oleh banyak penguna sekaligus). Dan multi programing (Melayani banyak program sekaligus).
·         Sistem operasi generasi ke-empat (Tahun 1980an--pasca 1980an).
Dewasa ini sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer, dimana user menyadari keberadaan komputer - komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain.

Jenis - Jenis sistem operasi komputer
Jenis sistem operasi yang bisa digunakan antara lain :
  • Posix, Unix, Ms Dos, Ms WINDOWS, Linux, Apple dll.
Dari sekian banyak sistem operasi dapat dibagi menjadi dua berdasarkan kontak (interface) yaitu :
    • Coman line interface (CLI)
Coman line interface (CLI) adalah kontak user dengan perangkat keras berbasis text (huruf, angka, dan simbol atau tanda baca) contonya : MS Dos, posix, linux.
    • Grafical user interface (GUI)
Grafical user interface (GUI) adalah kontak user dengan perangkat keras berbasis gambar atau grafik. contohnya: Ms windows, unix, Linux

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Angry Birds